Mewujudkan Madrasah Berkualitas, Berakhlak Mulia, dan Berwawasan Qur’ani

Sabtu, 04 Februari 2023

Penandatanganan MoU Sister School MIN 6 Ponorogo

Ndang Sat Set, MoU Sister School MIN 6 Ponorogo Ditandatangani

Kegiatan ini akhirnya dilaksanakan pada hari Sabtu 4 Februari 2023, pada acara pembukaan Pelatihan Training IT Pembuatan Flyer Online bagi guru-guru lembaga TK/RA/BA/TA yang menjadi anggota Sister School MIN 6 Ponorogo. Sembodo, istilah dan ungkapan Jawa yang pas untuk acara ini, kenapa? Pada hari ditandatanganinya komitmen kerjasama, hari itu juga direalisasikan komitmen tersebut.

Sebuah spirit kemajuan yang sedang digalakkan Pak Agus, panggilan sehari-hari Agus Prawoto, S.Sos. Kepala MIN 6 Ponorogo, dalam mengembangkan lembaga pendidikan madrasah yang berada dalam naungan Kementerian Agama Kab. Ponorogo tersebut. Sebuah akselerasi agar mampu bersaing di zaman yang serba cepat perubahan-perubahannya.

Baca juga πŸ‘‰ Pelatihan IT

Spirit Ta'awun

Pak Agus, menegaskan bahwa ini adalah kekuatan silaturrahim, yaitu kolaborasi dalam penguatan lembaga pendidikan yang bertumpu pada semangat ta’awun (jawa: tulung-tinulung), semangat yang memunculkan bentuk-bentuk kegiatan yang mengedepankan kearifan lokal.

Lebih jauh, beliau menegaskan bahwa kegiatan ini adalah peran kerjasama Kemitraan Sister School dalam Program Penguatan Kapasitas Manajemen Kelembagaan Madrasah/Sekolah Unggul dengan kearifan lokal dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang menunjang kemajuan pendidikan.

Tujuan MoU Sister School

Sebagaimana tertulis dalam MoU yang telah ditandatangani tersebut, bahwasanya MoU Kemitraan Sister School ini dimaksud untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan mutu layanan pendidikan melalui program-program linier yang ada pada masing-masing lembaga.

Penandatanganan MoU Sister School dilaksanakan dalam acara pembukaan Pelatihan IT, antara MIN 6 Ponorogo dengan 11 lembaga yang hadir. 3 lembaga Sister School berhalangan hadir pada kesempatan ini, dan akan ditindaklanjuti di hari berikutnya.

Bu Fatimah, ketua panitia kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa sebelumnya semua guru, sudah ditugaskan untuk bertandang silaturrahim ke 14 lembaga Sister School MIN 6 Ponorogo yang tersebar di wilayah Kec. Ponorogo, Kec. Sukorejo, dan Kec. Kauman.

Sejatinya, kemitraan Sister School ini sudah terjalin sejak lama, demikian Pak Agus menambahkan. Berbagai rutin kegiatan tahunan maupun insendentil sudah sering dilakukan MIN 6 Ponorogo bersama Sister School. Namun demikian baru hari ini, komitmen tersebut bisa dinyatakan secara tertulis dalam bentuk penandatanganan MoU.

Baca juga πŸ‘‰ AKASH I & Gelar Karya

Gayung Bersambut

Ternyata, antusiasme para pengelola lembaga yang hadir sangat tinggi, dan menyambut baik ditandatanganinya MoU tersebut. Walaupun sebenarnya, jauh sebelumnya sudah terjalin kerjasama ini, namun demikian belum pernah ada penandatanganan MoU. 

Bu Endah Rahayu, S.Pd.I. Kepala RA Muslimat NU 034 Surodikraman, mengungkapkan kegembiraannya sesaat setelah menandatangani MoU tersebut, dan akan melanjutkan pola kerjasama yang telah dilakukan oleh MIN 6 Ponorogo tersebut dengan lembaga-lembaga lain yang telah dan akan menjadi partner school bagi lembaga yang dipimpinnya tersebut. Ini tentu sangat penting, sebagai bentuk penataan manajemen lembaga yang baik dan transparan.

Hal senada juga diungkapkan Bu Ofi Ratnasari, S.Pd., Kepala BA 'Aisyiyah Kalimalang juga mengungkapkan sambutan baiknya, dimana beliau akan berkomitmen untuk bisa menjalin kerjasama  lebih erat agar bisa saling menguatkan satu dengan yang lain, serta saling memberikan kebermanfaatan yang lebih besar, terutama bagi lembaga yang dikelolanya tersebut.

Baca juga πŸ‘‰ PPDB 2023/2024 MIN 6 Ponorogo

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Login





Total Tayangan Halaman

SELAYANG PANDANG

Theme Support