Mewujudkan Madrasah Berkualitas, Berakhlak Mulia, dan Berwawasan Qur’ani

Rabu, 19 Agustus 2020

SEMARAK HUT RI KE 75 DAN TAHUN BARU HIJIYAH 1442 MIN 6 PONOROGO


SEMARAK HUT RI KE 75 DAN TAHUN BARU HIJIYAH 1442
MIN 6 PONOROGO

Dalam rangka Menyemarakkan HUT RI ke 75 MIN 6 Ponorogo mengadakan serangkaian Lomba yang bertujuan Menumbuhkembangkan sikap kreatif, profesional dan sportif dalam mewujudkan madrasah berprestasi dan bermartabat, dengan mekanisme penyelenggaraan sebagai berikut :
A.     Pelaksanaan :
Kegiatan Semarak HUT RI ke 75 MIN 6 Ponorogo adalah kegiatan perlombaan yang diikuti oleh seluruh Peserta Didik MIN 6 Ponorogo mulai kelas 1-6, dengan dibuat dua kelompok lomba berdasarkan jenjang kelas sebagai berikut :
Kelas
Jenis lomba
Deskripsi
Peralatan/Bahan
Keterangan
1-3
Mewarnai
Mewarnai gambar dengan tema lingkungan
Bisa menggunakan Cat Air atau Crayon
Gambar disiapkan panitia
Harus dikerjakan sendiri
Kolase
Menempel benda pada gambar
Bebas (bisa kertas, kain, biji-bijian, dan lain-lain)
Gambar disiapkan panitia
Harus dikerjakan sendiri
Kelas
Jenis lomba
Deskripsi
Keterangan
4-6
Keterampilan
Membuat karya indah dengan memilih salah satu jenis karya dibawah ini :
1.       Tempat Pensil
2.       Pigora
3.       Vas Bunga
Keterampilan berbahan dasar Kardus dan bisa dikombinasi dengan bahan lain yang disiapkan sendiri oleh siswa
Harus dikerjakan sendiri
Tartil
Menghafal surah yasin ayat 1 – 16 dengan tartil
1.       Hafalan dikirim dalam bentuk video ke wali kelas masing-masing
2.       Saat tartil berbusana Muslim
Baca Puisi
Baca puisi dengan tema “ “Percik-percik sumpah pemuda”
1.       Baca puisi dikirim dalam bentuk video ke wali kelas masing-masing
2.       Saat baca puisi berbusana rapi

B.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Lomba dalam rangka Semarak HUT RI ke 75 MIN 6 Ponorogo dilaksanakan pada :
Hari               :    Senin s/d Sabtu
Tanggal          :    24 s.d 29 Agustus 2020
Tempat          :    Di rumah masing-masing
C.     Pengambilan bahan lomba dan Pengumpulan Hasil
1.       Pengambilan bahan lomba :
Kelas 1-3
Hari              :    Senin, 24 Agustus 2020
Waktu           :    07.30-10.30 wib
Tempat         :    MIN 6 Ponorogo
Catatan         :    Penerapan Protokol Kesehatan (Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan/ bawa hand sanitizer)
Kelas 4-6      :    a. Teks Puisi dan Contoh video baca puisi sebagai acuan akan dikirim melaui Group WA kelas masing-masing
                         b. Bahan untuk keterampilan mandiri
 2.   Pengumpulan hasil lomba :
Kelas 1-3
Pengumpulan Hasil Lomba dilaksanakan sesuai jadwal masuk
                        Penerapan Protokol Kesehatan (Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan/ bawa hand sanitizer)
Kelas 4-6      :    a. Untuk Video dikirimkan ke wali kelas masing-masing paling lambat hari
Sabtu, tanggal 29 Agustus 2020
b. Untuk hasil kerajinan dikumpulkan sesuai hari masuk pengambilan tugas setelah tanggal 29 Agustus 2020
D.     Kejuaraan
Kejuaraan diambil   Juara I, II, III kategori Putra pada masing-masing cabang yang dilombakan
                             Juara I, II, III kategori Putri pada masing-masing cabang yang dilombakan






SEMARAK HUT RI KE 75 DAN TAHUN BARU HIJIYAH 1442
MIN 6 PONOROGO

Dalam rangka Menyemarakkan HUT RI ke 75 dan Tahun Baru Hijriyah 1442 MIN 6 Ponorogo mengadakan serangkaian Lomba yang bertujuan Menumbuhkembangkan sikap kreatif, profesional dan sportif dalam mewujudkan madrasah berprestasi dan bermartabat, dengan mekanisme penyelenggaraan sebagai berikut :
A.     Pelaksanaan :
Kegiatan Semarak HUT RI ke 75 dan Tahun Baru Hijriyah 1442  MIN 6 Ponorogo adalah kegiatan perlombaan yang diikuti oleh seluruh Peserta Didik MIN 6 Ponorogo mulai kelas 1-6, adapun lomba untuk kelas 1-3 adalah sebagai berikut :
Jenis lomba
Deskripsi
Peralatan/Bahan
Keterangan
Mewarnai
Mewarnai gambar dengan tema lingkungan
Bisa menggunakan Cat Air atau Crayon
Gambar disiapkan panitia
Harus dikerjakan sendiri
Kolase
Menempel benda pada gambar
Bebas (bisa kertas, kain, biji-bijian, dan lain-lain)
Gambar disiapkan panitia
Harus dikerjakan sendiri

B.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Lomba dalam rangka Semarak HUT RI ke 75 dan Tahun Baru Hijriyah 1442 MIN 6 Ponorogo dilaksanakan pada :

Hari               :    Senin s/d Sabtu
Tanggal          :    24 s.d 29 Agustus 2020
Tempat          :    Di rumah masing-masing

C.     Pengambilan bahan lomba dan Pengumpulan Hasil
1.       Pengambilan Bahan Lomba
Hari              :    Senin, 24 Agustus 2020
Waktu           :    07.30-10.30 wib
Tempat         :    MIN 6 Ponorogo
Catatan         :    Penerapan Protokol Kesehatan (Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan/ bawa hand sanitizer)
2.   Pengumpulan hasil lomba :
a. Pengumpulan Hasil Lomba dilaksanakan sesuai jadwal masuk
Kelas 1      :    Senin, 31 Agustus 2020
Kelas 2      :    Selasa, 01 September 2020
Kelas 3      :    Rabu, 02 September 2020
b. Penerapan Protokol Kesehatan (Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan/ bawa hand sanitizer)

D.     Kejuaraan
Kejuaraan diambil   Juara I, II, III kategori Putra pada masing-masing cabang yang dilombakan
                             Juara I, II, III kategori Putri pada masing-masing cabang yang dilombakan



Ponorogo, 21 Agustus 2020
Kepala MIN 6 Ponorogo



SYAMSUL HUDA, S.Ag





SEMARAK HUT RI KE 75 DAN TAHUN BARU HIJIYAH 1442
MIN 6 PONOROGO

Dalam rangka Menyemarakkan HUT RI ke 75 dan Tahun Baru Hijriyah 1442 MIN 6 Ponorogo mengadakan serangkaian Lomba yang bertujuan Menumbuhkembangkan sikap kreatif, profesional dan sportif dalam mewujudkan madrasah berprestasi dan bermartabat, dengan mekanisme penyelenggaraan sebagai berikut :
A.     Pelaksanaan :
Kegiatan Semarak HUT RI ke 75 dan Tahun Baru Hijriyah 1442  MIN 6 Ponorogo adalah kegiatan perlombaan yang diikuti oleh seluruh Peserta Didik MIN 6 Ponorogo mulai kelas 1-6, adapun lomba untuk kelas 4-6 adalah sebagai berikut :
Jenis lomba
Deskripsi
Keterangan
Keterampilan
Membuat karya indah dengan memilih salah satu jenis karya dibawah ini :
1.       Tempat Pensil
2.       Pigora
3.       Vas Bunga
Keterampilan berbahan dasar Kardus dan bisa dikombinasi dengan bahan lain yang disiapkan sendiri oleh siswa
Harus dikerjakan sendiri
Tartil
Menghafal surah yasin ayat 1 – 16 dengan tartil
1.       Hafalan dikirim dalam bentuk video ke wali kelas masing-masing
2.       Saat tartil berbusana Muslim
Baca Puisi
Baca puisi dengan tema “ “Percik-percik sumpah pemuda”
1.       Baca puisi dikirim dalam bentuk video ke wali kelas masing-masing
2.       Saat baca puisi berbusana rapi

B.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Lomba dalam rangka Semarak HUT RI ke 75 dan Tahun Baru Hijriyah 1442 MIN 6 Ponorogo dilaksanakan pada :

Hari               :    Senin s/d Sabtu
Tanggal          :    24 s.d 29 Agustus 2020
Tempat          :    Di rumah masing-masing

C.     Pengambilan bahan lomba dan Pengumpulan Hasil
1.       Pengambilan bahan lomba :
Kelas 4-6      :    a. Teks Puisi dan Contoh video baca puisi sebagai acuan akan dikirim melaui Group WA kelas masing-masing
                         b. Bahan untuk keterampilan mandiri
 2.   Pengumpulan hasil lomba :
Kelas 4-6      :    a. Untuk Video dikirimkan ke wali kelas masing-masing paling lambat hari
Sabtu, tanggal 29 Agustus 2020
b. Untuk hasil kerajinan dikumpulkan :
- Kelas 4-5 sesuai hari masuk pengambilan tugas setelah tanggal 29 Agustus 2020
- Khusus Kelas 6 hari Sabtu, tanggal 29 Agustus 2020
D.     Kejuaraan
Kejuaraan diambil   Juara I, II, III kategori Putra pada masing-masing cabang yang dilombakan
                             Juara I, II, III kategori Putri pada masing-masing cabang yang dilombakan


Ponorogo, 21 Agustus 2020
Kepala MIN 6 Ponorogo



SYAMSUL HUDA, S.Ag
Share:

DATA PERKEMBANGAN JUMLAH SISWA

 

NO TAHUN PELAJARAN KELAS 1 KELAS 2 KELAS 3 KELAS 4 KELAS 5 KELAS 6  JUMLAH
1 2017-2018 29 26 33 27 29 33 177
2 2018-2019 34 29 29 31 28 29 180
3 2019-2020 40 34 30 29 31 28 192
4 2020-2021 42 41 34 30 30 31 208
  JUMLAH 145 130 126 117 118 121  
Share:

Kamis, 13 Agustus 2020

RUMUS RUMUS PENGERJAAN TUGAS MATEMATIKA KELAS 5 MIN 6 PONOROGO

 

Daftar Konten rumus matematika kelas 5 SD

BILANGAN BULAT

a. Sifat-sifat Operasi Bilangan Bulat

Sifat Operasi Komutatif
a. Sifat komutatif pada penjumlahan
a + b sama dengan b + a
15 + 5 = 20
5 + 15 = 20

b. Sifat komutatif pada perkalian
a x b sama dengan b x a
3 x 4 = 12
4 x 3 = 12

Sifat Operasi Asosiatif
a. Asosiatif pada penjumlahan
a + (b + c) sama dengan (a + b) + c
1 + (2 + 3) = 6
(1 + 2) + 3 = 6

b. Asosiatif pada perkalian
a x ( b x c) sama dengan (a x b) x c
2 x (3 x 5) = 30
(2 x 3) x 5 = 30

Sifat Distributif
a. Sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan
a x ( b+c) sama dengan a x b + a x c
2 x (3+4) = 2 x 3 + 2 x 4 = 6 + 8 = 14

b. Sifat distributif perkalian terhadap pengurangan
a x (b -c) = a x b – a x c
2 x (5-1) = 2 x 5 – 2 x 1 = 10 – 2 = 8

Untuk sifat operasi bilangan yang lebih lengkap sudah pernah kita bahas di postingan rumus matematika lengkap kelas 6 SD.

b. Pembulatan Bilangan

Membulatkan ke satuan terdekat
– Angka di belakang koma kurang dari 0,5 maka dibulatkan menjadi nol. Contoh 92,4 dibulatkan menjadi 92
– Angka di belakang koma lebih dari 0,5 atau sama dengan 0,5 maka dibulatkan menjadi 1. Contoh 92,7 dibulatkan menjadi 93

Membulatkan ke puluhan terdekat
– Angka satuan kurang dari 5 dibulatkan menjadi 0 contoh 954 dibulatkan menjadi 950
– Angka satuan yang lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan ke atas menjadi 1 puluhan. contoh 958 dibulatkan menjadi 960.

Membulatkan ke ratusan terdekat
– Angka puluhan yang kurang dari 5 dibulatkan menjadi nol contoh 1547 dibulatkan menjadi 1500
– Angka puluhan yang lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 angka ratusan. Contoh 1898 dibulatkan menjadi 1900.

Membulatkan ke ribuan terdekat
– Angka ratusan yang kuran dari 5 dibulatkan menjadi nol contoh 425.300 dibulatkanmenjadi 525.000
– Angka ratusan yang lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 ribuatn. Contoh 230.700 dibulatkan menjadi 231.000

KPK dan FPB

untuk materi KPK dan FPB sudah dibahas lengkap pada postingan KPK dan FPB. Intinya adalah belajar bilangan prima dan faktorisasi prima untuk menentukan kelipatan persekutuan terkecil atau faktor pembagi terbesar dari dua atau lebih bilangan bulat.

Operasi Hitung Campuran pada bilangan bulat
– Penjumlahan dan pengurangan adalah operasi setara maka pengerjaannya mulai dari kiri.
– Pembagian dan perkalian adalah operasi setara maka pengerjaannyapun dimulai dari kir
– Perkalian dan pembagian lebih tinggi tingkatnnya daripada penjumlahan dan pengurangan sehingga didahulukan dalam pengerjaan.

Contoh

contoh operasi hitung matematika kelas 5 sd

– Perkalian dan pembagian dua bilangan yang memiliki tanda yang sama akan mengahsilkan bilangan positif
– Perkalian dan pembagian dua bilangan yang berbeda tanda akan menghasilkan bilangan negatif

PENGUKURAN

a. Mengukur Waktu

Ada dua pengukuran waktu yakni menggunakan notasi 12 jam dan dengan menggunakan notasi 24 jam.

Notasi 12 Jam Notasi 24 Jam
2015-11-11_212152 2015-11-11_212152
Pukul 07.00 malam Pukul 19.00
(12 + 7)

b. Operasi hitung dengan waktu

1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik
1 jam = 60 x 60 = 3.600 detik

c. Mengukur Sudut

– sudut lancip < 90º
– sudut tumpul > 180º
– sudut sikut-siku = 180º
– pengukuran sudut bisa dilakukan dengan alat yang disebut dengan busur

d. Menentukan jarak dan kecepatan

kecepatan = jarak : waktu
waktu = jarak : kecepatan
jarak = kecepatan x jarak

1 mil = 1,86 km
1 inchi = 2,54 cm
1 feet = 12 inchi = 30,48 cm
1 mil = 5280 feet

LUAS BANGUN DATAR

untuk di kelas 5 SD, bangun datar yang dibahas adalah trapesium dan layang-layang.
Trapesium adalah sebuah segiempat yang memiliki sepasang sisi yang berhadapan sama panjang (hanya dua sisi, kalau persegi atau persegi panjang 2 pasang sisi)
Layang-layang adalah bangun segiempat yang terbentuk dari dua buah segitiga sama kaki yang alasnya saling berimpit dan membelakangi.

Nama Bangun Datar Rumus Luas
Trapesium = ½ x jumlah sisi sejajar x tinggi
Layang-layang = ½ x Diagonal 1 x Diagonal 2

VOLUME BALOK DAN KUBUS

a. Menentukan volume kubus dan balok dengan kubus satuan

Salah satu alternatif mencari volume sebuah kubus atau balok adalah dengan menggunakan kubus satuan. Perhatikan contoh berikut:

menghitung volume kubus dan balok menggunakan balok satuan

b. Menentukan volume kubus dan balok dengan rumus

Nama Bangun Rumus Volume
Kubus = s x s x s
Balok = p x l x t

s = sisi kubus
p = panjang balok
l = lebar balok
t = tinggi balok

c. Satuan Volume
1 km3 = 1.000.000 dam3 = 1.000.000.000 m3
1 m3 = 1.000 dm3 = 1.000.000 cm3
1 liter = 1 dm3
1 mililiter = 1 cm3 = 1 cc

berikut grafiik tangga satuan volume dalam kubik dan liter

satuan volume liter satuan volume

PECAHAN

1. Menjadikan pecahan biasa ke bentuk persen

untuk mengubah pecahan ke bentuk persen dilakukan dengan mengubah penyebutnya ke bentuk 100.
Contoh
3/4 –> 75/100 –> 75%
1/2 –> 50/100 –> 50%
1/4 –> 25/100 –> 25%

2. Mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa

untuk materi ini selengkapnya bisa sobat baca di postingan mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa.

3. Operasi hitung pecahan

– menjumlahkan dan mengurangkan pecahan dengan penyebut sama
jika pecahan penyebutnya sudah sama tinggal ditambahkan saja. contoh:
1/5 + 2/5 = 3/5
1/7 + 5/7 = 6/7

– menjumlahkan dan mengurangkan pecahan dengan penyebut berbeda
penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda harus disamakan penyebutnya dengan menggunakan KPK kedua penyebutnya. contoh:
1/5 + 1/3 = 3/15 + 5/15 = 8/15
*KPK 5 dan 3 adalah 15

1/6 + 1/5 = 5/30 + 6/30 = 11/30
*KPK 6 dan 5 adalah 30

– menjumlahkan dan mengurangkan pecahan desimal

– perkalian pecahan (baca DI SINI)
– pembagian pecahan (baca DI SINI)

PERBANDINGAN DAN SKALA

– Perbandingan sama prinsipnya dengan pembagian. 5 dibanding 3 sama seperti 5/3
– Perbandingan suhu Celcius : Reamur : Fahrenheti = 5 : 4 : 9 (+32)
– Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya

SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG

Beberapa bangun ruang yang diperkenalkan dalam rumus matematik kelas 5 SD diantaranya:

Sifat-sifat persegi

– memiliki 4 sisi sama panjang
– memiliki 4 sudut sama besar
– mempunyai 4 sudut dan siku-siku
– sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang

Sifat-sifat persegi panjang

– memiliki 2 pasang sisi. Masing-masing pasang sama panjang
– memiliki 4 sudut siku-siku
– mempunyai dua buah diagonal bidang yang sama panjang

Sifat-sifat segitiga sama kaki

– memiliki dua sisi (kaki) yang sama panjang
– memiliki dua buah sudut yang sama besar

Sifat-sifat segitiga sama sisi

– ketiga sisinya sama panjang
– memiliki 3 buah sudut sama besar 60º

Sifat-sifat segitiga siku-siku

– memiliki satu buah sudut siku-siku 45º
– berlaku hukum phytagoras

Sifat-sifat segitiga lancip

– memiliki sudut-sudut yang besarnya kurang dari 90º

Sifat-sifat segitiga tumpul

– memiliki sudut lebih dari 90º tetapi masih kurang dari 180º

Sifat-sifat jajar genjang

– sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang
– sudut-sudut yang berhadapan sama besar
– kedua diagonalnya berpotongan saling membagi dua sama panjang
– jumlah sudut-sudut yang berdekatan sama dengan 180º

Sifat-sifat trapesium sama kaki

– memiliki 2 sisi yang sama panjang
– memiliki sepasang sisi sejajar (beda panjang)
– memiliki 2 pasang sudut. Masing-masing pasan besarnya sama.

Sifat-sifat trapesium siku-siku

– memiliki sudut siku-siku sebanyak 2 buah
– memiliki sepasang sisi yang sejajar (beda panjang)

Sifat-sifat layang-layang

– memiliki satu sumbu simetri
– memiliki 2 pasang sisi sama panjang
– memiliki dua pasang sudut yang berhadapan dan masing-masing pasang sama besar

Sifat-sifat belah ketupat

– semua sisi sama panjang
– kedua diagonal belah ketupat merupakan sumbu simetri
– sudut-sudut yang berhadapan sama besar
– diagonal-diagonal belah ketupat saling tegak lurus dan berpotongan

Sifat-sifat lingkaran

– memiliki satu titik pusat
– memiliki garis tengah yang panjangnya 2 kali jari-jari
– memiliki sumbu simetri yang jumlahnya tidak terhingga

Sifat-sifat prisma tegak segiempat

– memiliki 6 sisi berbentuk persegi atau persegi panjang
– memiliki sisi yang berhadapan sama luasnya
– memiliki 12 rusuk dimana rusuk yang sejajar sama panjang
– memiliki 8 titik sudut.

Sifat-sifat prisma tegak segitiga

– memiliki 9 buah rusuk
– memiliki 6 buah titik sudut
– memilik 5 buah sisi
– alas dan atapnya berbentuk segitiga

Sifat-sifat limas segiempat

– memiliki 8 buah rusuk
– memiliki 5buah sisi dan 5 buah titik sudut
– memiliki titik puncak yang merupakan pertemuan 4 buah segitiga.
– alasnya berbentuk segiempat.

Sifat-sifat limas segitiga

– memiliki 6 buah rusuk
– memiliki 4 buah sisi
– memiliki 4 buat titik sudut
– alasnya berupa segitiga

Sifat-sifat kerucut

– alasnya berupa lingkaran
– memiliki sisi lengkung
– memiliki titik puncak

Simetri lipat dan simetri putar

Sumber : https://rumushitung.com/2015/11/11/rumus-matematika-sd-kelas-5/#mozTocId992322

Share:

Rabu, 05 Agustus 2020

Rangkuman Materi Pelajaran SBK Kelas 5 Semester 1/2


Rangkuman Materi Pelajaran SBK Kelas 5 Semester 1/2
Rangkuman Materi Pelajaran SBK Kelas 5 Semester 1/2 - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ringkasan materi pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk kelas lima sekolah dasar yang terdiri dari materi semester ganjil dan semester genap.

Adapun rincian rangkuman materi pelajaran SBK kelas 5 SD/MI Semester 1 dan 2 yang bisa kalian baca adalah sebagai berikut.
Bab 1 Motif Hias
  • Motif hias adalah bentuk dasar darisuatu bidang atau ruang yang membentuk sesuatu yang indah
  • Motif hias yang terdapat pada suatu kain makna tersendiri, contohnya adalah motif tumbuhan. Beberapa tumbuhan di antaranya bunga cengkih, bungan melati, dan bunga tanjung yang melambangkan kesucian.
  • Bentuk apresiasi motif hias dapat dilakukan dengan cara mempelajari motif-motif hias yang ada di daerah kita.
  • Gambar dekoratif adalah gambar hiasan yang digunakan untuk menghias sesuatu sehingga terlihat indah dan menarik. Keindahan gambar dekoratif terletak pada komposisi. warna, garis, dan bentuk motifnya.

Bab 2 Ragam Lagu Daerah
  • Musik Ansambel adalah musik yang disajikan secara bersama-sama dengan menggunakan alat musik yang sejenis.
  • Musik Rakyat adalah musik daerah yang lahir masyarakat perdesaan serta hidup di tengah-tengah rakyat. Musik rakyat pada umumnya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu rakyat yang tidak diketahui penciptanya.
  • Musik Tradisional klasik merupakan musik tradisional pilihan yang dikembangkan di pusat pemerintah kerajaan. Contoh musik tradisional klasik dapat ditemukan gamelan jawa, sunda, dan bali.
  • Musik daerah mempunyai fungsi sebagai sarana upacara adat, pengiring tari, iringan pertunjukan, dan sarana bermain.

Bab 3 Mari Menari
  • Gerak dalam menari dibagi menjadi gerak murni dan gerak bermakna. Gerak murni adalah gerak yang mengandung unsur keindahan, tidak memiliki makna, berfungsi menambah keindahan sebuah tarian.
  • Gerak bermakna adalah gerakan yang mengandung arti. Melalui gerakan itu, penari dapat menyampaikan maksud yang terkandung dalam tarian. Contoh gerak tari bermakna misalnya gerakan berhias, mencangkul, dan menimang bayi.
  • Masing-masing tari daerah mempunyai keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari. Gerak tari dari setiap daerah berbeda-beda.
  • Properti adalah perlengkapan dan alat-alat yang dipakai untuk kegiatan menari.

Bab 4 Mari Berkarya
  • Meronce adalah teknik membuat benda pakai atau benda hias dari manik-manik, biji-bijian, atau bahan lain yang dapat dilubangi dengan alat tusuk sehingga dapat dipakai. Benda pakai yang dibuat dengan meronce antara lain : kalung, gelang, tirai pada jendela rumah, dan lain-lain.
  • Berikut ini adalah contoh benda pakai atau benda hias dengan teknik meronce.
    a. Roncean dari bunga biji-bijian atau manik-manik digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris lainnya.
    b. Ronce dari bunga melati digunakan untuk perlengkapan aksesoris pengantin.
    c. Roncean dari kertas berwarna-warni digunakan sebagai hiasan pada jendela rumah.
    d. Roncean dari cangkang kerang digunakan sebagai tirai pada pintu atau jendela.
  • Salah satu permainan yang digerakkan dengan tali misalnya layang-layang, gangsing, yoyo, dan pancingan.

Bab 5 Seni Rupa
  • Motif hias adalah susunan pola hias yang menggunakan motif hias berdasarkan kaidah-kaidah tertentu pada suatu bidang sehingga menghasilkan bentuk-bentuk yang indah. Keanekaragaman motif hias disebut juga ragam hias.
  • Sikap apresiatif terhadap karya seni rupa adalah kemampuan untuk menikmati dan menghargai karya seni rupa melalui kegiatan pendalaman, penghayatan, dan pengalaman berkarya.
  • Topeng adalah penutup muka dari kayu, kertas, atau bahan lainnya yang menyerupai muka orang atau binatang.
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan pameran sebagai berikut.
    a. Membentuk panitia
    b. Memilih hasil karya yang akan dipamerkan
    c. Menyiapkan lokasi pameran.
    d. Menyiapkan dekorasi
    e. Pelaksanaan pameran

Bab 6 Bermain Musik
  • Bermain musik ansembel gabungan adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggabungkan beberapa alat musik.
  • Beberapa contoh alat musik tradisional adalah talempong, kenong, gender, bonang, dan gendang. Alat musik modern misalnya biola, terompet, dan gitar.
  • Jenis lagu wajib indonesia diantaranya lagu : indonesia raya dan Indonesia Pusaka.
  • Pertunjukkan adalah menampilkan karya musik yang dirancang untuk dinikmati oleh orang lain.
  • Dalam pertunjukkan musik hendaknya dapat memilih tempat yang memadai, mudah dilihat dan dinikmati oleh orang lain.

Bab 7 Seni Tari Nusantara
  • Aneka tarian tarian tradisional nusantara daerah lain terdapat hal-hal yang sangat unik. Keunikkannya tersebut dapat dilihat melalui gerak, tata busana dan perlengkapan.
  • Fungsi busana tari adalah sebagai berikut.
    a. Membedakan masing-masing peran atau tokoh
    b. Membantu menghidupkan watak penari
    c. memberi fasilitas dan membantu gerak (tidak menggunakan selendang atau panah)
    d. menambah keindahan penampilan dan kesopanan penari
  • Pergelaran adalah mempertunjukkan karya seni (musik dan tari kepada masyarakat agar mendapat tanggapan dan penilaian )
  • Setelah pementasan tari selesai, tahap yang terakhir adalah evaluasi, pada tahap ini, akan dibahas tentang kekurangan maupun kelebihan saat pementasan. Tahap ini merupakan bentuk perbaikan yang berguna bagi pelaksanaan berikutnya. Dalam tahap ini diadakan pula pembubaran panitia. Sebelum panitia dibubarkan setiap seksi mempertanggungjawabkan pekerjaannya masing-masing.

Bab 8 Mari Berkarya tahap 2
  • Benda-benda yang dibuat dengan teknik makrame berguna sebagai benda hias atau benda pakai.
  • Beberapa contoh hasil kerajinan dengan teknik makrame antara lain : gantungan peluit, tas gantung, dan tambang plastik, dan gelang tangan dari benang.
  • Bahan buatan pabrik adalah bahan tali yang berasal dari serat sintesis. Jenis bahan tali buatan pabrik ada tiga macam:
    a. Tali nilon yang bersifsat agak kaku, bewarna mengkilat, warnanya putih kekuning-kuningan, dan memiliki tekstur yang halus.
    b. Tali metalik, merupakan campuran antara metal dan rayon, memiliki penampilan sangat menarik karena warna cerah dan mengkilat.
    c. Tali polyester, bewarna terang, teksturnya lembut, dan halus serta mengkilat
  • Contoh mainan yang digerakkan dengan tali adalah wayang dan boneka kertas.

Demikianlah rangkuman atau ringkasan materi pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas 5 SD/MI semester ganjil dan genap yang bisa kami bagikan untuk sahabat buku paket dimana saja berada, semoga dapat memberikan manfaat. Selamat belajar!

Share:

KELAS ONLINE (DARING) MIN 6 PONOROGO




KLIK SOAL DI BAWAH INI
LATIHAN SOAL
TEST ONLINE IPA
TEST ONLINE BAHASA INDONESIA

Soal UTS IPA Online Kelas 2 SD Semester 1 ( Ganjil ) – Langsung Ada Nilainya

Kumpulan Soal UTS Semester 1 online mata pelajaran IPS kelas 1 sampai kelas 6 SD :
Soal UTS IPS Online Kelas 1 SD Semester 1 ( Ganjil ) – Langsung Ada Nilainya
Soal UTS IPS Online Kelas 2 SD Semester 1 ( Ganjil ) – Langsung Ada Nilainya
Kumpulan Soal UTS Semester 1 online mata pelajaran PKN kelas 1 sampai kelas 6 SD :
Soal UTS PKN Online Kelas 1 SD Semester 1 ( Ganjil ) – Langsung Ada Nilainya
Soal UTS PKN Online Kelas 2 SD Semester 1 ( Ganjil ) – Langsung Ada Nilainya

Kumpulan Latihan Soal IPA Online Untuk Kelas 1 SD

– Soal IPA Online Kelas 1 SD Bab 1 Anggota Tubuh Dan Kegunaannya
Soal IPA Online Kelas 1 SD Bab 2 Kebutuhan Tubuh
Soal IPA Online Kelas 1 SD Bab 3 Memelihara Lingkungan
Soal IPA Online Kelas 1 SD Bab 4 Benda dan Sifatnya

Soal IPA Online Kelas 1 SD Bab 5 Gerak Benda
Soal IPA Online Kelas 1 SD Bab 6 Benda Langit dan Peristiwa Alam
Kumpulan Latihan Soal IPA Online Untuk Kelas 2 SD

Soal IPA Online Kelas 2 SD Bab 1 Bagian Tubuh Hewan
Soal IPA Online Kelas 2 SD Bab 2 Pertumbuhan Hewan dan Tumbuhan

Soal IPA Online Kelas 2 SD Bab 3 Tempat Hidup Makhluk Hidup
Soal IPA Online Kelas 2 SD Bab 4 Bentuk dan Wujud Benda
Soal IPA Online Kelas 2 SD Bab 5 Sumber Energi
Soal IPA Online Kelas 2 SD Bab 6 Matahari


Kumpulan Latihan Soal IPA Online Untuk Kelas 3 SD

Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 1 Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 2 Penggolongan Makhluk Hidup

Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 3 Perubahan Pada Makhluk Hidup
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 4 Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 5 Sifat Benda Padat, Cair dan Gas
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 6 Perubahan Sifat Benda

Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 7 Benda dan Kegunaannya
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 8 Gerak
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 9 Pengaruh Energi dalam Kehidupan
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 10 Penerapan Energi Gerak dan Penghematan Energi
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 11 Kenampakan Permukaan Bumi
Soal IPA Online Kelas 3 SD Bab 12 Cuaca dan Pengaruhnya
Kumpulan Latihan Soal IPA Online Untuk Kelas 4 SD

Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 1 Kerangka dan Alat Indra Manusia
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 2 Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 3 Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 4 Daur Hidup Hewan
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 5 Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 6 Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 7 Gaya
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 8 Energi Panas dan Energi Bunyi
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 9 Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
Soal IPA Online Kelas 4 SD Bab 10 Pemanfaatab Sumber Daya Alam


Kumpulan Latihan Soal IPA Online Untuk Kelas 5 SD

Soal IPA Online Kelas 5 SD Bab 1 Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Soal IPA Online Kelas 5 SD Bab 2 Tumbuhan Hijau

Soal IPA Online Kelas 5 SD Bab 3 Penyesuaian Diri Makhluk Hidup
Soal IPA Online Kelas 5 SD Bab 4 Sifat dan Perubahan Benda
Soal IPA Online Kelas 5 SD Bab 5 Gaya dan Pesawat Sederhana
Soal IPA Online Kelas 5 SD Bab 6 Cahaya

Soal IPA Online Kelas 5 SD Bab 7 Bumi dan Alam Semesta

Kumpulan Latihan Soal IPA Online Untuk Kelas 6 SD

Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 1 Ciri Khusus Makhluk Hidup
Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 2 Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 3 Keseimbangan Lingkungan dan Ekosistem
Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 4 Pelestarian Hewan dan Tumbuhan
Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 5 Hantaran dan Perpindahan Panas Benda
Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 6 Perubahan Benda

Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 7 Gaya, Gerak dan Perpindahan Energi
Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 8 Sistem Tata Surya
Soal IPA Online Kelas 6 SD Bab 9 Bumi, Bulan dan Matahari




Share:
Silahkan Login





Total Tayangan Halaman

SELAYANG PANDANG

Theme Support